Kekacauan berlanjut di Betsson: Ketua dipecat –

hingga 23 September 2021

Kekacauan di operator game Swedia Betsson berlanjut, dan hari ini terungkap bahwa ketua dewan Patrick Svensk harus meninggalkan posisinya karena penanganan penggantian manajer Patrick Lindwall – seperti yang muncul minggu lalu.

“Saya mungkin telah membuat penilaian yang salah tentang bagaimana pemilik memandang proses ini,” kata Patrick Svensk Industri saat ini.

Pesan tak terduga

Jumat lalu, pesan tak terduga datang dari dewan bahwa mereka telah memulai proses untuk menemukan pengganti manajer umum dan salah satu pendiri lama perusahaan game, Pontus Lindwall.

Pemilik utama Betsson tidak membuat pernyataan apa pun dalam siaran pers yang dikirim, dan Pontus Lindwall sendiri dalam sebuah wawancara dengan DI bahwa dia terkejut dengan pesan tersebut.

Hari ini, Kamis pagi, datang berita yang sama tak terduga bahwa Patrick Svensk meninggalkan posisinya sebagai ketua dewan Betsson karena penanganan pemecatan Lindwall.

Ketika ditanya oleh surat kabar apakah Patrick Svensk tidak mengaitkan pernyataannya tentang perubahan manajer umum dengan pemilik, dia menjawab sebagai berikut:

‘Ini adalah analisis yang masuk akal yang Anda lakukan di sini. Saya tidak bermaksud untuk menjawab bagaimana prosesnya, tetapi saya memahaminya sehingga inilah reaksi pemilik. Tentu saja, akhir-akhir ini saya banyak mengobrol dengan mereka. Dewan sendiri harus menjawab secara rinci apa yang tidak mereka sukai.’

Ketua dewan Betsson menyatakan bahwa dewan dengan suara bulat dalam keputusan untuk mencari pengganti Pontus Lindwall, tetapi dia juga menekankan bahwa dia, seperti anggota dewan lainnya, independen dari pemilik mayoritas.

‘Apakah saya berlabuh ini dengan pemilik atau tidak saya pikir adalah masalah antara mereka dan saya, dan saya adalah perwakilan independen seperti orang lain di dewan ini. Sangat penting bahwa kita independen dari perusahaan, manajemen dan pemilik terbesar. Bagi saya, kemandirian dan integritas telah menjadi bagian besar dari merek pribadi saya sepanjang karir saya ‘., kata Svensk.

Pemilik terbesar Betsson, jika Anda melihat suara, adalah empat keluarga yang berbeda: Hamberg, Knutsson, Kling dan Lundström. Manajer umum Betsson yang akan keluar, Pontus Lindwall, memiliki 1% dari perusahaan dan 1,8% suara, sementara ibunya mengendalikan sekitar. 6% dari perusahaan.

Patrick Svensk tidak akan setuju bahwa, dilihat dari luar, kepemilikan yang sedikit berantakan membuat lebih sulit untuk mengomunikasikan pertanyaan tentang proses seputar perubahan manajer umum.

‘Saya tidak setuju dengan Anda bahwa itu adalah citra kepemilikan yang berantakan. Saya segera memiliki 17 tahun yang fantastis dengan Betsson, Cherry dan NetEnt, dan memiliki hubungan yang sangat baik dengan keluarga yang memiliki kepemilikan terbesar dan saham paling kuat. Ini tidak menjadi masalah. Di sisi lain, saya mungkin salah menilai bagaimana pemilik memandang proses ini. Namun, bukan keputusan sebenarnya yang telah mereka nyatakan yang mereka terima. Sangat disayangkan bahwa mereka telah kehilangan kepercayaan pada saya di Betsson.’

Dalam siaran pers hari ini, dinyatakan bahwa ketua komite nominasi, Michael Knutsson (perwakilan dari pemilik besar dalam keluarga Knutsson), telah menyatakan kepercayaan dan dukungan penuh untuk dewan yang tersisa dan juga pemilihan ketua baru. Dia juga mendukung keputusan untuk mencari pemimpin internasional generasi berikutnya dari Betsson.

Pemilik toko tidak menjawab apakah mereka terlibat dalam pengunduran diri manajer umum

Namun, pertanyaan apakah pemilik toko terlibat dalam penggantian manajer umum Pontus Lindwall tetap tidak terjawab oleh Knutsson dan Svensk.

‘Saya tidak menjawab pertanyaan itu karena ini adalah masalah pemerintah, dan bagaimana kami bekerja tetap berada di antara kami’, kata Svensk tentang hal itu.

Ketika ditanya apakah Svensk percaya bahwa Pontus Lindwall masih akan diizinkan untuk tetap di posisi sebagai manajer umum, dia menjawab ini:

‘Saya sama sekali tidak tahu tentang itu. Saya meninggalkan perusahaan pagi ini dan telah mengadakan rapat dewan terakhir saya.’

Dagens Industri juga menanyakan bagaimana hubungan antara Svensk dan Lindwall saat ini, dan kemudian Svensk mengatakan ini:

‘Saya pikir itu bagus. Kita mungkin akan mengetahuinya Minggu depan karena dia ‘tikus’ dan saya ‘djurgårdare’ (pendukung klub sepak bola AIK dan Djurgården, catatan editor), dan ini adalah pertandingan terpenting tahun ini di Allsvenskan. Kami telah bekerja berdampingan selama 17 tahun jadi kami mungkin akan mengelola ini juga. Kami bukan teman pribadi, tetapi sudah saling mengenal selama bertahun-tahun. Saya sangat menghormatinya. Dia sangat berbakat dan orang yang terhormat dan baik.’